PEMBENTUKAN DAN PENGUKUHAN MUI DESA WANGKELANG

MUI WKLG

wangkelang.desakupemalang.id- Sehubungan dengan akan dilaksanakannya agenda Pilkades  secara serentak pada tahun 2018, dan mengingat tanggung jawab warga negara untuk berpartisipasi menggunakan hak pilihnya, maka Dewan Pimpinan Majelis Ulama Indonesia membentuk kepengurusan MUI tingkat Kecamatan sampai tingkat Desa.

Pengurus Majelis Ulama Indonesia (MUI) tingkat Desa Wangkelang Kecamatan Moga Kabupaten Pemalang hari selasa kemarin resmi dikukuhkan. Pengukuhan pengurus baru dilakukan di pendopo kantor Desa Wangkelang, Selasa (14/02/17). Pengukuhan langsung dilakukan oleh Kepala Desa Wangkelang Lailatul Kodar  disaksikan oleh para ulama dan umara.

Dalam kesempatan itu, Kades Wangkelang Bapak Laelatul Kodar mengatakan,”Dengan terbentuknya MUI tingkat desa, kami harap kerukunan umat beragama bisa terjaga. Dengan adanya pengurus MUI tingkat Desa semoga bisa menjadi benteng atau filter masuknya paham-paham yang mengacaukan ketentraman desa. Selain itu para ulama yang terpilih diharapkan bisa membangun manusia sesuai cita-cita agama dan negara, Ujar Bpk Kades

beliau menambahkan, dirinya sangat mengapresiasi semua pihak yang terlibat di dalam kegiatan pengukuhan hari ini. Ia beranggapan forum pengukuhan merupakan awal tali silaturahmi antara ulama dan umara baik tingkat desa maupun kecamatan,tambahnya.

Hal yang melatarbelakangi dibentuknya MUI tingkat desa yaitu dalam rangka implementasi Perbup Pemalang Nomor 26 Tahun 2014 tanggal 6 Agustus 2014 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perda Kabupaten Pemalang Nomor 10 Tahun 2013 tentang Perubahan atas Perda Kabupaten Pemalang Nomor 18 Tahun 2006 tentang Tata Cara Pemilihan, Pencalonan, Pengangkatan, Pelantikan atau Pemberhentian Kepala Desa.
”Dengan adanya MUI hingga tingkat desa/kelurahan akan membawa kehidupan yang lebih baik,”

Hal itu terkait dengan pencalonan, pengangkatan, pelantikan atau pemberhentian kepala desa, mengacu hal tersebut, perlu kiranya adanya filter atau rekomendasi bagi seseorang yang akan mencalonkan diri sebagai kepala desa melalui MUI di masing-masing desa.

Sementara itu, ketua MUI terpilih Ust. M. Thoha Afandi menyatakan rasa terima kasih kepada semua pihak, yang telah hadir dan mendukung proses pengukuhan pengurus MUI tingkat Desa Wangkelang. Terkait program ke depan pihaknya ingin, para pengurus mampu memetakan para Ulama yang ada untuk dirangkul demi kemaslahatan umat. Mengenai pembinaan masyarakat nanti adalah tugas MUI Kecamatan dan Kabupaten.”Kami berharap para Ulama yang berada di desa mampu bersinergi nantinya.

SUSUNAN PENGURUS MAJELIS ULAMA INDONESIA ( MUI )

DESA WANGKELANG KECAMATAN MOGA KABUPATEN PEMALANG

MASA KHIDMAT 2017 – 2022

I. DEWAN PENASEHAT

  1. KETUA               : LAELATUL KODAR (KEPALA DESA WANGKELANG)
  2. SEKRETARIS  : RIO KUSMANTORO
  3. ANGGOTA       : AKHMAD

II. DEWAN HARIAN

  1. KETUA UMUM               : UST. M. THOHA AFANDI
  2. KETUA                              : UST. KHARIRI
  3. WAKIL KETUA              : UST. WAHIDIN
  4. SEKRETARIS UMUM   : H. GHOZALI, S.Ag
  5. SEKRETARIS                  : FAKHRUDIN
  6. BENDAHARA UMUM   : H. KHAMBALI, S.Pd
  7. BENDAHARA                  : ILIYIN

III. KOMISI-KOMISI

        A. KOMISI FATWA DAN KAJIAN HUKUM

  1. KETUA                             : UST. ZAENAL ABIDIN
  2. SEKRETARIS                 : KHASAN
  3. ANGGOTA                      : SUMARJO

       B. KOMISI PENDIDIKAN DAN PEMBERDAYAAN PEREMPUAN/REMAJA

  1. KETUA                              : Dra. Hj. FADLILAH
  2. SEKRETARIS                  : ROTMAH
  3. ANGGOTA                        : KHOTIMAH

      C. KOMISI UKHUWAH ISLAMIYAH DAN HUBUNGAN ANTAR UMMAT BERAGAMA

  1. KETUA                              : KASADUDIN
  2. SEKRETARIS                  : DARMO
  3. ANGGOTA                        : DIRAN
Jika Bermanfaat Sebarkan Ini

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *